Kamis, 17 November 2016

CONTOH SILABUS

SILABUS
MATA KULIAH                  : KIP/K dalam  Pelayanan Kebidanan
KODE MATA KULIAH     : Bd. 403
BEBAN STUDI                    : 2 SKS ( T = 1, P = 1)
SASARAN                             : Mahasiswa D-III Kebidanan  Semester II
KOORDINATOR                 :

A.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melakukan komunikasi interpersonal/konseling  kepada individu, keluarga dan masyarakat dengan pokok-pokok bahasan : komunikasi, komunikasi efektif, prinsip hubungan antar manusia, komunikasi interpersonal/konseling, keterampilan inti komunikasi interpersonal / konseling, penerapan komunikasi interpersonal / konseling dalam kegiatan asuhan kebidanan, dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan kelompok.

B.     STANDAR KOMPETENSI
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu menerapkan keterampilan komunikasi interpersonal dan konseling dalam kegiatan asuhan kebidanan dan  keterampilan komunikasi dalam kegiatan kelompok untuk membantu perilaku professional dalam berkarya dan memberikan konseling di pelayanan kebidanan baik kepada individu, keluarga maupun masyarakat.

C.    KOMPETENSI DASAR
1.      Menjelaskan tentang komunikasi
2.      Menjelaskan tentang komunikasi efektif
3.      Menerapkan prinsip-prinsip hubungan antar manusia
4.      Melakukan komunikasi interpersonal/konseling
5.      Melaksanakan keterampilan inti komunikasi interpersonal/konseling
6.      Menerapkan keterampilan komunikasi interpersonal/konseling
7.      Melaksanakan keterampilan komunikasi dalam kelompok
D.    PROSES PEMBELAJARAN
T : Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan metode ceramah, seminar, diskusi dan penugasan
P : Dilaksanakan di kelas  dan laboratorium baik di kampus maupun lahan praktek dengan menggunakan metode simulasi, roleplay, demonstrasi dan bed side teaching

E.     EVALUASI
1.      UTS                             : 15%
2.      UAS                            : 20%
3.      Tugas Kelompok         : 15%
4.      Tugas Individu            : 10%
5.      Kuis                             : 10%                          
6.      Kehadiran                   : 10%
7.      Pratikum                      : 30%

F.     BUKU SUMBER
·   Buku Utama (BU)
1.      MNH, 2002, Modul Pelatihan Keterampilan KIP/K (BU 1)
2.      Prayitno, 2004, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling ( BU 2)
3.      Corey G, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi ( BU 3)
4.      Jalaluddin Rahmat, 2004, Psikologi Komunikasi ( BU 4)
·   Buku Anjuran (BA)
1.      Pusdiknakes, Komunikasi Teurapetik Kebidanan ( BA 1)
2.      Tannes D, Seni Komunikasi Efektif ( Membangun Relasi dan Gaya Percakapan ) (BA 2)
3.      Enjang AS, 2009, Komunikasi Konseling ( BA 3)
4.      Gunarsah S, Konseling dan Psikoterapi  ( BA 4)
5.      Anwar A, Ilmu Komunikasi (BA 5)
6.      Flint C, Sensitive Midwifery ( BA 6)
7.      Patricia Web, 1994, Health Promotion and Patient Education, A Professional Guide, Champman ang Hall (BA 7)
8.      IBI, Keluarga Berencana ( BA 8)

Waktu
Kompetensi
Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu dan Pengalaman Belajar
Metode
Media
Evaluasi
Sumber
 Kepustakaan

Pertemuan
Hari /
Tanggal
Teori
Praktek
Lapangan

1

Mahasiswa memahami  konsep  dasar komunikasi
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian, unsur-unsur, komponen, proses komunikasi dan faktor yang mempengaruhi komunikasi
2. Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk komunikasi
1.   Komunikasi
1.1. Pengertian Komunikasi
1.2. Unsur – unsur Komunikasi
1.3. Komponen Komunikasi
1.4. Proses Komunikasi
1.5. Faktor-faktor  yang    mempengaruhi komunikasi

2.   Bentuk Komunikasi
2.1. Komunikasi Massa
2.2. Komunikasi Interpersonal
2.3. Komunikasi Kelompok

100
mnt


·   Ceramah
·   Tanya Jawab
·   Diskusi

·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Tanya jawab
·   BU 4
·   BA 5
·   BA 3

2

Mahasiswa
memahami tentang komunikasi  teurapetik dalam pelayanan asuhan kebidanan


Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1. Menjabarkan konsep dasar komunikasi teurapetik
2. Mempraktekkann proses  komunikasi  teurapetik
3.    Komunikasi  Teurapetik
3.1. Pengertian komunikasi teurapetik
3.2. Tujuan komunikasi  teurapetik
3.3. Ciri  komunikasi  teurapetik
3.4. Unsur-unsur  komunikasi teurapetik
3.5. Prinsip – prinsip komunikasi teurapetik
3.6. Jenis komunikasi teurapetik
3.7. Faktor penghambat komunikasi teurapetik
3.8. Komunikasi teurapetik dalam kebidanan
3.9. Teknik menjalin hubungan dengan klien



100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Diskusi
·  Praktek

·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Tanya jawab
·   BU 2
·   BU 4
·   BA 2


3

Mahasiswa menguasai konsep hubungan antar manusia
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.   Menjelaskan pengertian, tujuan, teknik hubungan antar manusia
2.   Menguraikan teori konsep diri, dan teori Johari Windows
4.    Hubungan Antar Manusia/HAM
4.1. Pengertian hubungan antar manusia
4.2. Tujuan hubungan antar manusia
4.3. Teknik-teknik hubungan antar pribadi
4.4. Konsep diri
4.5. Teori Johary Windows
4.6. Faktor-faktor dalam hubungan antar manusia

100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Diskusi
·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Tanya jawab dan Penugasan
·   BU 1
·   BU 3
·   BA 2


4

Mahasiswa memahami konsep dasar konseling
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.   Mendeskripsikan konsep dasar konseling
2.   Melakukan teknik-teknik konseling dalam pelayanan kebidanan
5.  Konsep dasar konseling
5.1. Pengertian Konseling
5.2. Tujuan konseling
5.3. Tehnik konseling
5.4. Prinsip-prinsip konseling
5.6. Faktor-faktor penunjang dan penghambat pada konseling
5.7. Fungsi Konseling Kebidanan
5.8. Jenis Pelayanan Konseling Kebidanan
5.9. Proses konseling kebidanan

100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Diskusi
·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Kuis
·   BU 2
·   BU 3
·   BA 3
·   BA 4


5

Mahasiswa memahamiKomunikasi Inter Personal/ Konseling  (KIP/K)
Setelah mengikuti perkuliahan, dan praktek mahasiswa mampu :
1.    Menjelaskan pengertian KIP/K
2.    Menguraikan faktor-faktor penghambat KIP/K
3.    Mengaplikasikan KIP/K dalam praktik kebidanan
6.   Komunikasi Inter Personal/ Konseling (KIP/K)
6.1. Pengertian KIP/K
6.2. Faktor penghambat KIP/K
1)    Faktor individual
2)    Faktor yang berkaitan  
 dengan interaksi
3)    Faktor situasional
4)    Kompetensi dalam
melakukan percakapan

100
mnt


·  Ceramah
·  Diskusi
·  Praktek
·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Tanya jawab
·   BU 1
·   BU 3
·   BA 1
·   BA 4


6.

Mahasiswa mampu mengana-
lisis pengaruh pemaha-
man diri terhadap proses KIP/K
Setelah mengikuti perkuliahan praktek, mahasiswa mampu :
1.   Menjabarkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap konselor.
2.   Menguraikan pengaruh pemahaman diri dalam proses KIP/K
7.    Pengaruh pemahaman diri terhadap proses KIP/K
7.1. Pemahamam Diri
7.2. Pengetahuan, keterampilan, sikap yang dimiliki konselor
7.3. Pengaruh pemahaman diri terhadap KIP/K
100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Diskusi

·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Tanya jawab
·   BU 1
·   BU 3
·   BA 2


7.

Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan KIP/K
Setelah mengikuti kegiatan praktek perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.    Melaksanakan keterampilan
observasi,membina
hubungan baik dan mendengarkan

2.    Menerapkan keterampilan KIP/K dalam praktik kebidanan
8.   Keterampilan dalam KIP/K
8.1. Keterampilan Observasi
1)   Tingkah laku verbal dan nonverbal
2)   Pengamatan dan penafsiran
8.2. Keterampilan membina hubungan baik
1)   Sikap dan perilaku dasar yang dibutuhkan dalam KIP/K
8.3. Keterampilan mendengar dan bertanya
1)   Mendengar Aktif
2)   Jenis pertanyaan
3)   Bertanya Efektif
100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Simulasi
·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Kuis
·   BU1
·   BA 1
·   BA 6
·   BA 8


8

UJIAN  TENGAH  SEMESTER
 50 Menit

9

Mahasiswa mampu mengana
lisis karakteris
tik klien dalam asuhan kebidanan
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu  mengidentifikasi karakteristik macam-macam klien
9.   Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan
9.1. Komunikasi pada bayi/balita
9.2. Komunikasi pada remaja
9.3. Komunikasi pada calon ibu
9.4. Komunikasi pada bumil
9.5. Komunikasi pada bulin
9.6. Komunikasi pada bufas
9.7. Komunikasi pada busui
9.8. KIE pada  Akseptor KB
9.9. Komukasi pada wanita klimakterium/menopause
9.0. Komunikasi pada wanita dengan gangguan kesehatan reproduksi

100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Diskusi

·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Tanya jawab dan penugasan
·   BU 1
·   BU 6
·   BA 7


10

Mahasiswa mampu mengana -
lisi strategi dalam membantu klien mengambil keputusan
Setelah mengikuti kegiatan praktek perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.    Mengidentifikasi strategi dalam membantu klien mengambil keputusan
2.    Menerapkan strategi dalam membantu klien mengambil keputusan di praktek kebidanan
10.   Strategi membantu klien dalam pengambilan keputusan
10.1.  Teori Inti Pengambilan Keputusan
10.2.  Faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
10.3.  Jenis keputusan dan Jenis Pengambilan Keputusan
10.4.  Elemen dasar pengambilan keputusan

100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Roleplay

·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Latihan/penugasan
·   BU 1
·   BU 3
·   BA 1


11

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kesulitan dan upaya mengatasi-
nya dalam KIP/K
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.   Mendeskripsikan kesulitan dalam KIP/K
2.   Melakukan strategi dan upaya mengatasi kesulitan dalam penerapan KIP/K
 10. 5.  Pemberian Informasi Keputusan Efektif
10.6.   Saat-saat sulit
                  dalam penerapan KIP/K
       10.7.  Kesulitan saat     konseling
10.8.  Upaya untuk mengatasi kesulitan

100
mnt


·  Ceramah
·  Tanya Jawab
·  Roleplay

·   LCD
·   Laptop
·   Modul
latihan/penugasan
·   BU 1
·   BU 3
·   BA 1


12

Mahasiswa menguasai kegiatan kelompok
Setelah mengikuti praktek perkuliahan, mahasiswa mampu
1.    Mengidentifikasi prinsip dasar kegiatan kelompok
2.    Melaksanakan kegiatan kelompok sebagai salah satu kompetensi kegiatan bidan
11.   Kegiatan kelompok
11.1. Pengertian
11.2. Penggolongan kelompok   sosial
11.3. Karakteristik Kelompok
1)Kepribadian
2)Norma
3)Kohesivitas
4)Pemenuhan Tujuan
5)Pergeseran Resiko
11.4. Manfaat komunikasi kegiatan kelompok
11.5. Faktor yang mempengarhui keefektifan kelompok
11.6. Kepemimpinan kelompok
11.7. Ciri-ciri kelompok efektif





·  Ceramah
·   Simulasi
·   LCD
·   Laptop
·   Modul
Latihan
·   BU 2
·   BA 8



13

Mahasiswa menguasai kegiatan kelompok

Setelah mengikuti praktek perkuliahan, mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan kelompok sebagai salah satu kompetensi kegiatan bidan
11.8.Pengorganisasian kegiatan kelompok
11.9.Strategi bidan membantu kelompok yang negative sesuai tipe kelompok



100
mnt


·   Ceramah
·   Simulasi
Modul kerja
Latihan
·   BU 2
·   BA 8



14

Mahasiswa menguasai proses konseling dalam kegiatan asuhan kebidanan
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.    Menjabarkan proses konseling dalam asuhan kebidanan
2.    Menjelaskan perbedaan konseling dan nasehat
12.   Proses konseling dalam kegiatan asuhan kebidanan
12. 1. Perbedaan konseling dan pemberian nasehat
12. 2. Proses konseling


200
mnt

·   Ceramah
·   Rolepaly
Modul Kerja
Latihan
·   BU 1
·   BU 2
·   BA 1
·   BA 4



15

Mahasiswa mengaplikasikan praktek konseling dalam asuhan kebidanan

Setelah mengikuti praktek perkuliahan, mahasiswa mampu  melaksanakan langkah-langkah praktek konseling dalam memberikan pelayanan asuhan kebidanan

13.   Praktek konseling dalam kegiatan asuhan
kebidanan
13.1. Langkah-langkah praktek dan proses konseling dalam asuhan kebidanan



200
mnt

·   Study kasus
·   Simulasi

Modul Kerja
Latihan
·   BU 1
·   BU 2
·   BA 1
·   BA 4


16

UJIAN  AKHIR  SEMESTER
50 Menit








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Blog