SILABUS
MATA KULIAH :
KIP/K dalam Pelayanan Kebidanan
KODE MATA KULIAH :
Bd. 403
BEBAN STUDI :
2 SKS ( T = 1, P = 1)
SASARAN :
Mahasiswa D-III Kebidanan Semester II
KOORDINATOR :
A.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk
melakukan komunikasi interpersonal/konseling
kepada individu, keluarga dan masyarakat dengan pokok-pokok bahasan :
komunikasi, komunikasi efektif, prinsip hubungan antar manusia, komunikasi
interpersonal/konseling, keterampilan inti komunikasi interpersonal /
konseling, penerapan komunikasi interpersonal / konseling dalam kegiatan asuhan
kebidanan, dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan kelompok.
B.
STANDAR KOMPETENSI
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu
menerapkan keterampilan komunikasi interpersonal dan konseling dalam kegiatan
asuhan kebidanan dan keterampilan
komunikasi dalam kegiatan kelompok untuk membantu perilaku professional dalam
berkarya dan memberikan konseling di pelayanan kebidanan baik kepada individu,
keluarga maupun masyarakat.
C.
KOMPETENSI DASAR
1.
Menjelaskan
tentang komunikasi
2.
Menjelaskan
tentang komunikasi efektif
3.
Menerapkan
prinsip-prinsip hubungan antar manusia
4.
Melakukan
komunikasi interpersonal/konseling
5.
Melaksanakan
keterampilan inti komunikasi interpersonal/konseling
6.
Menerapkan
keterampilan komunikasi interpersonal/konseling
7.
Melaksanakan
keterampilan komunikasi dalam kelompok
D.
PROSES PEMBELAJARAN
T : Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan metode
ceramah, seminar, diskusi dan penugasan
P : Dilaksanakan di kelas dan laboratorium baik di kampus maupun lahan
praktek dengan menggunakan metode simulasi, roleplay, demonstrasi dan bed side
teaching
E.
EVALUASI
1.
UTS : 15%
2.
UAS : 20%
3.
Tugas Kelompok : 15%
4.
Tugas Individu : 10%
5.
Kuis : 10%
6.
Kehadiran : 10%
7.
Pratikum : 30%
F.
BUKU SUMBER
·
Buku Utama (BU)
1. MNH, 2002, Modul Pelatihan Keterampilan KIP/K (BU 1)
2. Prayitno, 2004, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (
BU 2)
3. Corey G, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (
BU 3)
4. Jalaluddin Rahmat, 2004, Psikologi Komunikasi ( BU 4)
·
Buku Anjuran (BA)
1. Pusdiknakes, Komunikasi Teurapetik Kebidanan ( BA 1)
2. Tannes D, Seni Komunikasi Efektif ( Membangun Relasi
dan Gaya Percakapan ) (BA 2)
3. Enjang AS, 2009, Komunikasi Konseling ( BA 3)
4. Gunarsah S, Konseling dan Psikoterapi ( BA 4)
5. Anwar A, Ilmu Komunikasi (BA 5)
6. Flint C, Sensitive Midwifery ( BA 6)
7. Patricia Web, 1994, Health Promotion and Patient
Education, A Professional Guide, Champman ang Hall (BA 7)
8. IBI, Keluarga Berencana ( BA 8)
Waktu
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
|
Alokasi Waktu dan
Pengalaman Belajar
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber
Kepustakaan
|
||||
Pertemuan
|
Hari
/
Tanggal
|
Teori
|
Praktek
|
Lapangan
|
||||||||
1
|
Mahasiswa
memahami konsep dasar komunikasi
|
Setelah mengikuti perkuliahan,
mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan pengertian, unsur-unsur,
komponen, proses komunikasi dan faktor yang mempengaruhi komunikasi
2. Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk
komunikasi
|
1. Komunikasi
1.1. Pengertian Komunikasi
1.2.
Unsur – unsur Komunikasi
1.3. Komponen
Komunikasi
1.4. Proses
Komunikasi
1.5. Faktor-faktor
yang mempengaruhi komunikasi
2. Bentuk
Komunikasi
2.1. Komunikasi Massa
2.2. Komunikasi Interpersonal
2.3. Komunikasi Kelompok
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Tanya jawab
|
· BU 4
· BA 5
· BA 3
|
||||
2
|
Mahasiswa
memahami tentang
komunikasi teurapetik dalam pelayanan
asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1. Menjabarkan konsep dasar komunikasi
teurapetik
2. Mempraktekkann proses komunikasi teurapetik
|
3. Komunikasi Teurapetik
3.1. Pengertian komunikasi teurapetik
3.2. Tujuan komunikasi
teurapetik
3.3. Ciri komunikasi
teurapetik
3.4. Unsur-unsur
komunikasi teurapetik
3.5. Prinsip – prinsip komunikasi teurapetik
3.6. Jenis komunikasi teurapetik
3.7. Faktor penghambat komunikasi teurapetik
3.8. Komunikasi teurapetik dalam kebidanan
3.9. Teknik menjalin hubungan dengan klien
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi
· Praktek
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Tanya jawab
|
· BU 2
· BU 4
· BA 2
|
||||
3
|
Mahasiswa menguasai
konsep hubungan antar manusia
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.
Menjelaskan
pengertian, tujuan, teknik hubungan antar manusia
2.
Menguraikan
teori konsep diri, dan teori Johari Windows
|
4.
Hubungan Antar Manusia/HAM
4.1. Pengertian
hubungan antar manusia
4.2. Tujuan hubungan
antar manusia
4.3. Teknik-teknik
hubungan antar pribadi
4.4. Konsep diri
4.5. Teori Johary Windows
4.6. Faktor-faktor
dalam hubungan antar manusia
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Tanya jawab dan
Penugasan
|
· BU 1
· BU 3
· BA 2
|
||||
4
|
Mahasiswa memahami
konsep dasar konseling
|
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.
Mendeskripsikan
konsep dasar konseling
2.
Melakukan
teknik-teknik konseling dalam pelayanan kebidanan
|
5. Konsep
dasar konseling
5.1. Pengertian Konseling
5.2. Tujuan konseling
5.3. Tehnik konseling
5.4. Prinsip-prinsip konseling
5.6. Faktor-faktor
penunjang dan penghambat pada konseling
5.7. Fungsi
Konseling Kebidanan
5.8. Jenis
Pelayanan Konseling Kebidanan
5.9. Proses
konseling kebidanan
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Kuis
|
· BU 2
· BU 3
· BA 3
· BA 4
|
||||
5
|
Mahasiswa memahamiKomunikasi
Inter Personal/ Konseling (KIP/K)
|
Setelah mengikuti perkuliahan, dan praktek mahasiswa mampu
:
1.
Menjelaskan
pengertian KIP/K
2.
Menguraikan
faktor-faktor penghambat KIP/K
3.
Mengaplikasikan
KIP/K dalam praktik kebidanan
|
6. Komunikasi
Inter Personal/ Konseling (KIP/K)
6.1. Pengertian
KIP/K
6.2. Faktor
penghambat KIP/K
1) Faktor individual
2) Faktor yang berkaitan
dengan interaksi
3) Faktor situasional
4) Kompetensi dalam
melakukan
percakapan
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Diskusi
· Praktek
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Tanya jawab
|
· BU 1
· BU 3
· BA 1
· BA 4
|
||||
6.
|
Mahasiswa mampu mengana-
lisis pengaruh
pemaha-
man diri terhadap
proses KIP/K
|
Setelah mengikuti
perkuliahan praktek, mahasiswa mampu :
1.
Menjabarkan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap konselor.
2.
Menguraikan
pengaruh pemahaman diri dalam proses KIP/K
|
7.
Pengaruh pemahaman diri terhadap proses KIP/K
7.1. Pemahamam Diri
7.2. Pengetahuan,
keterampilan, sikap yang dimiliki konselor
7.3. Pengaruh
pemahaman diri terhadap KIP/K
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Tanya jawab
|
· BU 1
· BU 3
· BA 2
|
||||
7.
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan
keterampilan KIP/K
|
Setelah mengikuti kegiatan
praktek perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.
Melaksanakan
keterampilan
observasi,membina
hubungan baik dan mendengarkan
2.
Menerapkan
keterampilan KIP/K dalam praktik kebidanan
|
8. Keterampilan
dalam KIP/K
8.1. Keterampilan
Observasi
1) Tingkah
laku verbal dan nonverbal
2) Pengamatan
dan penafsiran
8.2. Keterampilan membina hubungan baik
1) Sikap
dan perilaku dasar yang dibutuhkan dalam KIP/K
8.3. Keterampilan mendengar dan bertanya
1)
Mendengar Aktif
2)
Jenis pertanyaan
3)
Bertanya Efektif
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Simulasi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Kuis
|
· BU1
· BA 1
· BA 6
· BA 8
|
||||
8
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
50 Menit
|
||||||||||
9
|
Mahasiswa mampu
mengana
lisis karakteris
tik klien dalam
asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa mampu
mengidentifikasi karakteristik macam-macam klien
|
9. Macam-macam
Klien dalam Asuhan Kebidanan
9.1. Komunikasi pada bayi/balita
9.2. Komunikasi pada remaja
9.3. Komunikasi pada calon ibu
9.4. Komunikasi pada bumil
9.5. Komunikasi pada bulin
9.6. Komunikasi pada bufas
9.7. Komunikasi pada busui
9.8. KIE pada
Akseptor KB
9.9. Komukasi pada wanita klimakterium/menopause
9.0. Komunikasi pada wanita dengan gangguan
kesehatan reproduksi
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Diskusi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Tanya jawab dan
penugasan
|
· BU 1
· BU 6
· BA 7
|
||||
10
|
Mahasiswa mampu
mengana -
lisi strategi dalam
membantu klien mengambil keputusan
|
Setelah mengikuti
kegiatan praktek perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.
Mengidentifikasi
strategi dalam membantu klien mengambil keputusan
2.
Menerapkan
strategi dalam membantu klien mengambil keputusan di praktek kebidanan
|
10.
Strategi membantu klien dalam pengambilan
keputusan
10.1. Teori Inti Pengambilan Keputusan
10.2. Faktor yang mempengaruhi pengambilan
keputusan
10.3. Jenis keputusan dan Jenis Pengambilan
Keputusan
10.4. Elemen dasar pengambilan keputusan
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Roleplay
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Latihan/penugasan
|
· BU 1
· BU 3
· BA 1
|
||||
11
|
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi kesulitan dan upaya mengatasi-
nya dalam KIP/K
|
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.
Mendeskripsikan
kesulitan dalam KIP/K
2.
Melakukan
strategi dan upaya mengatasi kesulitan dalam penerapan KIP/K
|
10. 5. Pemberian Informasi Keputusan Efektif
10.6. Saat-saat sulit
dalam penerapan KIP/K
10.7.
Kesulitan saat konseling
10.8. Upaya untuk mengatasi kesulitan
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Roleplay
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
latihan/penugasan
|
· BU 1
· BU 3
· BA 1
|
||||
12
|
Mahasiswa menguasai
kegiatan kelompok
|
Setelah mengikuti
praktek perkuliahan, mahasiswa mampu
1.
Mengidentifikasi
prinsip dasar kegiatan kelompok
2.
Melaksanakan
kegiatan kelompok sebagai salah satu kompetensi kegiatan bidan
|
11. Kegiatan
kelompok
11.1. Pengertian
11.2. Penggolongan kelompok sosial
11.3. Karakteristik Kelompok
1)Kepribadian
2)Norma
3)Kohesivitas
4)Pemenuhan
Tujuan
5)Pergeseran
Resiko
11.4. Manfaat komunikasi kegiatan
kelompok
11.5. Faktor yang mempengarhui
keefektifan kelompok
11.6. Kepemimpinan kelompok
11.7. Ciri-ciri kelompok efektif
|
· Ceramah
· Simulasi
|
· LCD
· Laptop
· Modul
|
Latihan
|
· BU 2
· BA 8
|
|||||
13
|
Mahasiswa menguasai
kegiatan kelompok
|
Setelah mengikuti praktek
perkuliahan, mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan kelompok sebagai salah
satu kompetensi kegiatan bidan
|
11.8.Pengorganisasian
kegiatan kelompok
11.9.Strategi
bidan membantu kelompok yang negative sesuai tipe kelompok
|
100
mnt
|
· Ceramah
· Simulasi
|
Modul kerja
|
Latihan
|
· BU 2
· BA 8
|
||||
14
|
Mahasiswa menguasai
proses konseling dalam kegiatan asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti
perkuliahan, mahasiswa mampu :
1.
Menjabarkan
proses konseling dalam asuhan kebidanan
2.
Menjelaskan
perbedaan konseling dan nasehat
|
12.
Proses konseling dalam kegiatan asuhan
kebidanan
12. 1. Perbedaan
konseling dan pemberian nasehat
12. 2. Proses konseling
|
200
mnt
|
· Ceramah
· Rolepaly
|
Modul Kerja
|
Latihan
|
· BU 1
· BU 2
· BA 1
· BA 4
|
||||
15
|
Mahasiswa
mengaplikasikan praktek konseling dalam asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti
praktek perkuliahan, mahasiswa mampu
melaksanakan langkah-langkah praktek konseling dalam memberikan
pelayanan asuhan kebidanan
|
13.
Praktek konseling dalam kegiatan asuhan
kebidanan
13.1. Langkah-langkah
praktek dan proses konseling dalam asuhan kebidanan
|
200
mnt
|
· Study kasus
· Simulasi
|
Modul Kerja
|
Latihan
|
· BU 1
· BU 2
· BA 1
· BA 4
|
||||
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
50 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar