Kamis, 17 November 2016

RANGKUMAN ADM.MANAJEMEN

1.  Adminstrasi Manajemen
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam mencapain tujuan perusahaan haris memperhatikan secara optimal terhadap kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan konsumen, penanam modal, karyawan ,pemerintah, masyarakat , supplier.
Manajemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen. Adapun prinsip-prinsip manajemen, yaitu:
a.      Pembagian kerja
b.      Disiplin
c.      Wewenang dan tanggung jawab
d.      Kesatuan perintah
e.      Kesatuan arah
f.       Balas jasa
g.      Sentralisasi
h.     Keadilan dan kejujuran
i.       Inisiatif
j.        Semangat kesatuan


2.  Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen pendidikan
Dasar dalam administrasi manajemen pendidikan yaitu digunakan untuk menjadi acuan dan pedoman bagi seorang administrator untuk mendapatkan sukses dalam tugasnya. Dimana dalam administrasi pendidikan tersebut harus didasarkan pada dasar-dasar :
1.    Efisiensi
2.    Pengelolaan
3.    Pengutamaan tugas pengelolaan
4.    Kepemimpinan yang efektif
5.    Kerjasama
Tanpa dari kelima dasar tersebut maka dalam suatu manajemen tidak akan berjalan dengan sempurna tanpa adanya dasar dari suatu manajemen yang bertujuan membangun suatu organisasi yang bersifat positif bagi organisasi tersebut. Selain itu seorang manajemen pendidikan harus mampu memiliki dasar-dasar penting dari suatu manajemen pendidikan yaitu
1)    Manajemen sebagai ilmu
2)    Manajemen sebagai seni
3)    Manajemen sebagai proses
Administrasi pendidikan adalah upaya pencapaian tujuan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan orang-orang dalam suatu pola kerjasama. Sedangkan manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan serta usaha pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
3.  Perencanaan dalam Manajemen
Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan dengan lancar. Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu.
Adapun tujuan dari perencanaan dalam suatu manajemen yaitu
1.    Untuk memberikan pengarahan untuk anggota organisasi.
2.   Untuk mengurangi ketidakpastian.
3.    Untuk menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya
4.  Organisasi dalam Manajemen
Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
            Adapun jenis-jenis teori organisasi yaitu :
a.    Teori organisasi klasik
b.    Teori Human Relation
c.    Teori organisasi Perilaku
d.    Teori Birokrasi
5.  Koordinasi
       Koordinasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang sederajat untuk saling memberikan informasi dan bersama mengatur atau menyepakati sesuatu, sehingga di satu hal proses pelaksanaan tugas dan keberhasilan pihak yang satu tidak mengganggu proses pelaksanaan tugas dan keberhasilan pihak yang lainnya.
            Pentingnya koordinasi dalam pelaksanaan manajemen yaitu sebagai wawasan dalam melaksanakan suatu organisasi serta memberikan kesempatak kepada anggota dalam suatu organinsasi dalam menuangkan pendapatnya dan dapat bertukar pikir baik itu anggota maupun ketua dalam organisasi tersebut. Dengan adanya koordinasi maka dalam suatu organisasi ataupun perusahaan tersebut dapat menentukan dimana letak dan kekurangan dari organisasi yang didirikan karena dengan koordinasi dapat membantu mencari solusi yang terbaik dari masalah yang telah dihadapi dalam suatu organisasi tersebut.
Adapun teknik dalam berkoordinasi yaitu :
a.    Hierarki
b.    Peraturan, prosedur, dan kebijaksanaan.
c.    Perencanaan
d.    Panitia
6.  Motivasi dalam Manajemen
          Motivasi merupakan sebuah predis posisi untuk bertindak dengan cara yang khusus dan terarah pada tujuan tertentu sekalipun rumusan tentang rumusan motivasi dibatasi hingga purposif atau yang diarahkan pada tujuan. Manusia sebagai mahluk sosial berusaha untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan expektansi.
       Motivasi dalam suatu organisasi sangatlah penting dalam mengembangkan suatu organisasi tersebut. Karena tanpa adanya motivasi yang mendorong seorang pemimpin maupun karyawan maka dalam suatu organisasi tersebut tidak akan berkembang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya. Bagi karyawan motivasi sangatlah dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan agar dalam melakukan pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan dia dapat melakukannya dengan penuh semangat dan kerja keras yang lebih besar dari sebelumnya.
Adapun Tujuan-tujuan motivasi tersebut antara lain:
1. Mendorong gairah dan semangat kerja karyawan
2. Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan
3. Meningkatkan produktivitas karyawan
4.Mempertahankan loyalitas dan kesetabilan karyawan perusahaan
5.Meningkatkan kedisiplinan dan menurunkan tingkat absensi  karyawan
6. Mengefektifkan pengadaan karyawan
7. Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik
8. Meningkatkan kreatifitas dan partisipasi karyawan

9. Meningkatkan tingkat kesejahteraan karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Blog