Puji syukur kehadirat Allah SWT,
atas rahmat dan karunian-Nya sehingga Proposal Usaha ini dapat terselesaikan
tepat pada waktunya.
Penyusunan proposal ini bertujuan
untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Kewirausahaan Prodi DIV Bidan Pendidik STIKes Mega Rezky
Makassar Tahun Akademik 2016/2017.
Saya menyadari bahwa dalam
penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik
dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan, dan semoga proposal
saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Makassar 30 Oktober 2016
Penulis
Kesehatan adalah merupakan factor yang paling
dominant dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau
balai yang bias menangani pelayanan di bidang kesehatan.
Sebagai warga yang sedang berkembang, sampai
saat ini kita masih menghadapi banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam
rangka upaya menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah
berupaya mengembangkan berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat,
pelayanan tersebut selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah
juga sarana pelayanan milik swasta atau masyarakat sendiri.
Sistem kesehatan disusun untuk mendapatkan
hasil guna kesehatan masyarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan
semua sumber daya manusia yang tersedia, juga diperlukan adanya hubungan secara
berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang leih rendah dalam
kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala yang
harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan tersebut.
Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini
masyarakat indonesia semakin perduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan
tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Masyarakat
di daerah inipun juga sadar akan pentingnya kesehatan itu sehingga memerlukan
tempat pelayanan kesehatan, namun sayangnya di daerah ini belum terdapat tempat
pelayanan kesehatan yang mudah di jangkau. Apabila masyarakat ingin berobat
atau sekedar berkonsultasi kepada petugas kesehatan, warga harus menempuh jarak
yang agak jauh dari tempat tinggal mereka. Jarak ini terkadang membuat warga
menjadi kembali acuh akan kesehatan, mereka tidak menghubungi petugas kesehatan
atau mengunakan tempat pelayanan kesehatan sebelum mereka benar-benar sakit
yang tidak bisa mereka tahan lagi atau setelah sakit yang mereka alami terjadi
lama, sehingga setelah menggunakan tempat pelayanan kesehatan mereka sudah
dalam keadaan sakit yang sudah dalam stadium lanjut.
Oleh karena itu saya ingin membagun suatu
tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga
dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanna kesehatan dan di harapkan warga
dapat mencegah kemungkinan penyakitnya menjadi lebih parah atau untuk
mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan
warga akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya juga akan
meningkat pula.
Visi : Menyehatkan masyarakat dan
memasyarakatkan kesehatan
Misi :
1. Sebagai
tempat masyarakat untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan yang mereka alami.
2. Sebagai
mitra Pemerintah dalam memberikan pelayanan prefentif dan kuratif serta
rehabilitatif.
3. Sebagai
wujud pengabdian pada masyarakat dengan ikut serta dalam usaha warga untuk
meningkatkan derajad kesejahteraan melalui peningkatan kesehatan.
4. Menjalankan
pengobatan sesuai prosedur, berkualitas dan dapat terjangkau oleh semua
kalangan masyarakat.
5. Memberikan
pelayanan medis dasar yang berbasis Murah Terjangkau
Maksud
dan tujuan Rumah Bersalin RESTU IBU
adalah :
1. Meningkatkan
derajat kesehatan jasmani dan rohani.
2. Meningkatkan
dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic
3. Meningkatkan
kehidupan social ekonomi
4. Memberikan
pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.
Rumah
Bersalin RESTU IBU memiliki tenaga kerja yang terdiri dari :
1.
Dokter penanggung jawab
2.
Dokter jaga
3.
Manager
4.
Bidan 6 orang
5.
Cleaning service 2 orang ( merangkap menjadi penjaga malam)
1. Direktur



2. Manager





3. Dokter
Penanggung Jawab





4. Dokter
Pelaksana




5. Bidan
Profesional









6. Cleaning
service



ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
a) PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
KEUNGGULAN
YANG DIMILIKI
Produk yang kami jual adalah pelayanan
kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari RB kami adalah
pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter yang profesional dan memiliki Surat
Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek. Selain itu RB KASIH BUNDA juga
melayani pembelian Khitan dan konsultasi KB yang akan dilayani oleh bidan yang
jaga maupun dokter jaga setiap hari.
b) GAMBARAN PASAR
DATA
PENGHASILAN PASIEN BERKUNJUNG (1 – 5 TAHUN YANG AKAN DATANG)
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung
biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya
kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal
ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga
menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu, dan mereka berkunjung
ke RB.
·
KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG AKAN
DILAKUKAN
§ PERSONAL
SELLING
Personal selling adalah interaksi antar
individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki,
menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan
dengan pihak lain. Di klinik sehat sejahtera, kami melakukan personal selling
dengan cara pelayanan yang diberikan dokter kepada pasien dilakukan semaksimal
mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain
itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit
yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila
akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali
berobat diRB.
§ BROSUR
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan
pada masyarakat agar berobat di RB RESTU IBU, selain itu kita juga memasang
papan nama RB kita di depan klinik dan
juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama RB kami, dan
hasilnya banyak yang berkunjung ke RB RESTU IBU.
§ FASILITAS
Fasilitas yang akan kami dirikan guna
mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur
menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data
kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain
anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke RB RESTU IBU.
Target
utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan RB KASIH
BUNDA di Nginden, Bratang, dan wilayah Surabaya lainnya.
Diperkirakan
dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan
pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal,
selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat,
dll








1.
Rehabilitasi Gedung = Rp 300.000.000
2.
Perijinan
= Rp 13.000.000
3.
Biaya pegawai = Rp
5.000.000
4.
Sarana Prasarana (etalase, kursi&meja) =
Rp 7.500.000
5.
Oxigenasi
= Rp 2.000.000
6.
Alat bedah minor 3 set@175.000
= Rp 525.000
7.
Standar infus 1 buah = Rp
150.000
8.
Sterilisator 1 buah = Rp
1.000.000
9.
Tensi Meter air raksa 2 @ 500.000
= Rp 1.000.000
10.
Tensi meter biasa 1 @ Rp.125.000
= Rp 125.000
11.
Termometer Air raksa 2 buah @ 8.000 = Rp 16.000
12.
Kartu rawat jalan 1000 lbr = Rp 150.000
13.
Tempat sampah 5 buah
= Rp 125.000
14.
Cauter
= Rp 2.000.000
15.
obat-obatan = Rp
5.000.000
16.
Alat tulis kantor = Rp 200.000
17.
Kasa gulung = Rp 50.000
18.
Lampu philip 4 buah @ 30.000
= Rp 120.000
19.
Keset 2 buah @ 15.000 = Rp 30.000
20.
Lap tangan 3 buah @ 10.000 = Rp 30.000
21.
Jam dinding 1 buah = Rp 50.000
22.
Sepuit 3 dus @ 100.000 = Rp
300.000
23.
Alcohol, betdin dll = Rp 500.000
24.
Biaya promosi = Rp
2.000.000
25.
Alat tes gol darah,AS urat & kolesterol
= Rp 1.000.000
26.
Ac 2 @ 2.000.000 = Rp. 4.000.000
27.
Seperangkat Komputer
= Rp. 4.000.000
28.
Jaringan internet = Rp.
2.000.000
TOTAL
= Rp.333.071.000
A. Alur
Pelayanan
1. Pendaftaran/administrasi
2. R. Tunggu
3. Ruang periksa/ tindakan
4. Penerimaan obat
5. Konseling
6. Pembayaran administrasi
B. Tarif
per pasien yang berobat
1.
Administasi =
Rp 5.000
2.
Sirkumsisi =
Rp 300.000
3.
Kb
a. Suntik
1 bulan =Rp
20.000
b. Suntik
3 bulan =Rp
30.000
c. Pil =Rp
15.000
4.
Konsultasi = Rp 15.000
5.
Surat keterangan sehat =Rp 5.000
6.
Laboratorium
a. Gula
darah =Rp
25.000
b. Asam
urat =Rp
25.000
c. Gol
darah =Rp
15.000
d. Kolesterol =Rp 25.000
7.
Perawatan luka =Rp 40.000
8.
Berobat =Rp 30.000
9.
Hecting up =Rp 80.000
10.
Hecting =Rp 100.000
1.
Biaya total
Total
modal awal usaha untuk mendirikan Rumah Bersalin KASIH BUNDA kurang lebih
adalah Rp 350.571.000
2.
Pegeluaran/bulan
a.
Gaji Karyawan






b. Pembayaran
Listrik =Rp 200.000
c.
Alat habis pakai =Rp
800.000
d.
Obat-obatan =Rp
2.000.000
e.
Plastik obat =Rp
20.000
f.
Alat tulis
=Rp 20.000
g.
Telpon =Rp
100.000
h.
Akses internet =Rp.
350.000
Total =Rp 7.490.000
3.
Income/bulan
Bila
program yang di rencanakan dapat terlaksana dengan biak, dengan perkiraan
pasien berobat sekitar 20 pasien per hari dengan beraneka ragam pelayanan
dengan tarif minimal Rp 15.000/pasien berobat sakit, maka income per bulan
dengan rincian sebagai berikut:
a.
Tes gula darah 6 org =
Rp 150.000
b.
Tes Asam urat 8 org =
Rp 200.000
c.
Cek gol darah 5 org =Rp 75.000
d.
Cek kolesterol 7 orang =Rp 175.000
e. Pasien
berobat sakit 407 org =Rp
15.210.000
f.
KB 48 orang =Rp
1.020.000
g.
Sirkumsisi 4 =Rp
1.200.000
h.
Pasien dengan tindakan medis 14 =
Rp 2.000.000
i.
Pasien Partus 1 org
=Rp 900.000
Total
=Rp 20.930.000
Pemasukan
per bulan = Rp 20.930.000
Pengeluaran
per bulan = Rp 7.490 .000
Jadi
keuntungan bersih yang diperoleh per bulan dari Rumah Bersalin RESTU IBU
sekitar Rp. 13.440.000, bila penghasilan yang di peroleh seperti tersebut
diatas maka dalam jangka waktu 36 bulan sudah mampu mengembalikan modal awal
usaha yang sebesar Rp 350.571.000
Harapan
saya untuk “Mendirikan Rumah Bersalin” ialah supaya kegiatan bisa lebih
berkembang dan maju.
Demikian
Proposal ini kami buat dan kami buat. Besar harapan kami agar dapat ddirikannya
Rumah Bersalin ini. Atas perhatian dan kerjasama serta kesadarannya, kami ucapkan
Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar